Sabtu, 30 April 2011

Hardware

Hardware ( Perangkat Keras )

Perangkat keras (Hardware) yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan) dan output (keluaran)

Perangkat Keras Terdiri Dari :

1. Unit Pemroses Data Secara Terpusat (Central Processing Unit)

Didalam proses kerja suatu komputer ,prosesor merupakan bagian terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran

2. Unit Input Output

Unit Inpu Output adalah sarana untuk menghubungkan prosesor dengan komponen lain.

3. BUS

Bus adalah jalur-jalur fisik yang menghubungkan prosesor dengan memori eksternal, semisal IC Flash. Biasanya ada 2 macam bus didalam prosesor, yaitu bus data dan bus alamat.

4. Pembangkit Clock Oscillator

Sebagai pembangkit sinyal clock diperlukan sebuah komponen yang disebut crystal yg berfungsi sebagai pembangkit gelombang. Di ponsel, Cristal berjumlah 13 Mhz, 26 Mhz, 32 Mhz dll. Clock berguna agar prosesor dapat mengintruksi berbagai program secara bersamaan (sinkron).

5. Unit Waktu / Timer

Waktu atau timer dalam sebuah prosesor digunakan untuk mencacah gelombang, menghasilkan delay dan mengetahui status proses yang sedang berlangsung.

6. Program

Di prosesor, program dimasukkan kedalam memori internalnya. Sehingga prosesor dapat dengan mudah mengendalikan suatu system. Biasanya program yang masuk ke dalam prosesor adalah dalam bentuk file HEX (Hexa). Bukan tidak mungkin file yg dimasukkan juga berbentuk BIN (Biner).Prosesor dapat digonta-ganti tanpa harus memasukkan kembali identitas ponsel seperti : IMEI, system pensinyalan dan distribusi tegangan. Sebab prosesor hanya menjalankan program-program yang bersifat sementara (RAM), sedangkan penyimpan identitas ponsel adalah ROM




0 komentar:

Posting Komentar